Apakah ilmu
filsafat itu ? Bagaimanakah definisinya ? demikianlah pertanyaan-pertanyaan
pertama yang kita hadapi ketika akan mempelajari ilmu filsafat. Sebelum
menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sebaiknya kita meninjau istilah filsafat itu dari 3 (tiga) domain yakni :dalam arti logat, arti praktis, dan
dalam arti perbedaan dengan ilmu-ilmu yang lain.
l. Dari domain logat.
Dilihat dari
sisi logat maka perkataan filsafat
itu adalah dari bentuk kata arab
Filsafah yang berasal dari kata yunani Philosophia .
Philos berarti suka / cinta dan sophia berarti kebijaksanaan.Jadi philosophia
berarti suka /cinta akan kebijaksanaan , yang maksudnya setiap orang yang
berfilsafat cenderung akan menjadi orang yang bijaksana.
2. Dalam arti
Praktis
Dilihat dari segi pengertian praktis maka
filsafat berarti alam fikiran atau alam berfikir. Berfilsafat artinya
berfikir , meskipun demikian tidak semua berfikir berarti berfilsafat .
Berfilsafat adalah berfikir secara mendalam dan bersungguh-sungguh
3. Perbedaan
dengan ilmu-ilmu lainnya.
Perbedaan
ilmu filsafat dengan ilmu-lain dapat dilihat pada hal-hal sebagai berikut:
Ilmu-ilmu lain selain
filsafat sering juga disebut ilmu vak.
a)
membatasi
pemeriksaannya pada satu bagian saja dalam alam maujud ini.
b)
Masing-masing
ilmu itu tidak mencakup persoalan yang tidak dibahas oleh ilmu lainnya.
c) ilmu
vak membahas tentang sebab akibat.
d)
Ilmu
vak sering menghadapi kesulitan dalam menentukan batas-batas lingkungannya
masing-masing.
Sedangkan Ilmu Filsafat:
a) Menyelidiki
seluruh kenyataan yang dibahas oleh ilmu-ilmu vak,
b)
Bagaimana
hubungannya kenyataan itu antara satu dengan yang lain
c)
filsafat
memandang kenyataan itu sebagai kesatuan yang utuh belum terpecah-pecah
d) Filsafat
membahas secara keseluruhan antara satu dengan yang lain
e) Filsafat
menyelidiki hakekat sesuatu dibalik sesuatu.
BEBERAPA DEFINISI FILSAFAT MENURUT PARA
TOKOH:
Kalau kita
lihat , begitu luasnya lingkungan pembahasan ilmu filsafat, maka tidak heran
jika banyak para ahli filosof memberikan definisinya berbeda tekanannya
satu sama lain , dibawah ini kita catat
beberapa definisi ilmu filsafat antara lain :
- Menurut Plato ( 427 s M - 348 s.M ) Filsafat adalah pengetahuan yang berminat untuk mencapai kebenaran yang asli.
- Menurut Aristoteles ( 382 sM - 322 s M )
Filsafat adalah ilmu pengetahuan
yang meliputi kebenaran yang
didalamnya terkandung ilmu-ilmu metafisika , logika , retorika , etika,
ekonomi, politik dan aestetika.
- Menurut Al – Farabi ( 870 – 950 ), Filsafat adalah Ilmu pengetahuan tentang alam maujud bagaimana hakekatnya yang sebenarnya.
- Menurut Descarts ( 1590 - 1650 ) Filsafat adalah kumpulan segala pengetahuan , dimana Tuhan, manuasia dan alam menjadi pokok penyelidikan .
- Menurut Immanuel Kant ( 1724 – 1804 ) Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan , yang tercakup menjadi 4 persoalan yaitu :
a). Apakah yang
dapat kita ketahui (
Jawabnya : Metafisika )
b). Apakah yang seharusnya
kita ketahui ( jawabnya Etika )
c). Sampai dimanakah harapan kita ( Jawabnya : agama )
d). Apakah yang dinamakan manusia ( jawabnya antropologie )
Kesimpulan:
Sebenarnya setiap
orang dapat merumuskan sendiri bagaimana kira-kira definisi filsafat itu asal
saja dapat membayangkan luasnya lingkungan pembahasannya dari ilmu filsafat
seperti yang telah dirumuskan oleh para filosof diatas. Definisi itu pada
prinsipnya sama, tidak bertentangan dan hanya cara mengesankannya saja yang
berbeda.
Adapun berdasarkan pendapat para Filosof diatas
dapat disimpulkan sbb :
Ilmu Filsafat adalah
Ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai
Ketuhanan, kemanusiaan, dan alam semesta sehingga dapat menghasilkan
pengetahuan tentang bagaimana hakekatnya sejauh yang dapat dicapai akal manusia
dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.
II. CARA MEMPELAJARI FILSAFAT
Mengingat begitu
luasnya lapangan ilmu filsafat itu maka menjadi sukar pula orang
mempelajarinya. Darimana hendak dimulai dan bagaimana cara membahasnya , agar
orang yang akan mempelajarinya segera dapat mengetahuinya. Pada jaman modern
ini pada umumnya orang telah sepakat untuk mempelajari ilmu filsafat itu dari
dua ( 2 ) macam cara / methode : yaitu pertama
dengan cara mempelajari sejarah perkembangannya
sejak dahulu kala hingga sekarang ( metode historis ) yang Kedua
dengan cara mempelajari isi yakni mempelajari lapangan pembahasannya yang
diatur dalam bidang-bidang tertentu ( Methode sistematis ).
Dalam methode historis orang
mempelajari perkembangan aliran-aliran filsafat dahulu kala hingga sekarang,
disini dikemukakan riwayat hidup tokoh-tokoh filsafat yang terkenal serta
bagaimana tiumbulnya aliran ( faham )filsafatnya dalam segalapersoalannya,
Bagaimana tentang pendapatnya tentang Logika, tentang metafisika, tentang
etika, dan tentang keagamaan.Seperti juga dalam pelajaran sejarah maka
perkembangan filsafat atau alam fikiran manusia sejak zaman purba itu
dibicarakan secara berurutan ( kronologis ) menurut waktunya masing-masing.
Dalam methode sistematik :
orang membahas langsung isi persoalan dari ilmu filsafat itu dengan tidak mementingkan
urutan zamannya masing-masing. Orang membagi persoalan ilmu filsafat itu dalam
bidang tertentu. Misalnya dalam bidang logika, hanya bisa dipersoalkan
mana yng benar dan mana yang salah, menurut pertimbangan akal, bagaimana cara
berfikir yang benar dan bagaimana cara berfikir yang salah. Kemudian dalam
bidang Rtika hanya dipersoalkan tentang
yang manakah yang buruk dalam perbuatan manusia. Disini tidak
dibicarakan tentang persoalan-persoalan logika
atau metafisika
Dalam sitstematik ini para filisuf
itu kita konfrontir satu sama lain pendapatnya dalam bidang / cabang
tertentu, miusalnya dalam soal etika kita konfrontir saja pendapat filosuf dari
zaman klasik Yunani ( Plato dan Ariestoteles ) dengan filosuf –filosof
zaman aufklarung , Kant dan lain-lain,
dengan pendapat filosuf dewasa ini ( Jaspers dan Marcel ) dengan tidak
usah mempersoalkan tertib periodisasi
masing-masing.
III. PEMBAGIAN SYSTEMATIKA FILSAFAT
Untuk mempelajari ilmu
filsafat secara sistematis dan mudah diikuti persoalannya , maka
lapangan-lapangan filsafat harus dibagi
menurut soal-soal yang dihadapinya saja. Dan dengan itu pula terjadilah
pembagian sistematik dalam ilmu filsafat.
Sebelum masa
Ariestoteles pembagian sistematika filsafat itu belumlah begiitu jelas , umumnya
orang menganggap bahwa ilu filsafat mencakup semua ilmu pengetahuan yang
dikenal manusia dizamannya. Dalam berfilsafat orang belum mengadakan
pengkhususan , mengingat bahwa filsafat adalah merupakan induk dari semua
pengetahuan dan merupakan suatu keseluruhan.
Filosuf yang pertama kali dianggap sebagai
perumus pembagian ilmu filsafat adalah Ariestoteles , dialah yang pertama kali merumuskan ilmu
logika sebagai ilmu tersendiri dan yang merupakan suatucabang dari ilmu
filsafat., disisi lain sebenarnya Plato ( guru Ariestoteles ) jauh sebelumnya telah membedakan lapangan
filsafat kedalam tiga (3) macam cabang ilmu yaitu :
a).Dialektika,
yang mempersoalkan tentang idea-idea atau pengertian
–pengertian secara umum.
b).
Fisika , yang mengandung persoalan dunia materi.
c).
Etika , yang mengandung persoalan tentang hal baik dan buruk.
Namun demikian Ariestoteleslah
yang telah merumuskan pembagian filsafat secara lebih konkrit dan sistematik .
Pembagiannya itu telah diakui baik oleh umum maupun dalam waktu yang lama sekali . Sistematika
filsafat di zaman modern inipun meskipun sudah banyak berubah dan berkembang
namun masih dapat dilihat pengaruh pembagian Ariestoteles itu padanya.
Adapun pembagian filsafat menurut
Ariestoteles terdapat 4 (empat )
macam cabang ilmu antara lain adalah :
l. Logika , yang
menurut beliau bahwa logika merupakan suatu
pendahuluan bagi filsafat.
2. Filsafat Teoritis, dalam cabang ini dibagi
menjadi 3 (tiga) yakni :-.
Ilmu
Fisika
Ilmu
Matematika
Ilmu
Metafisika
3.Filsafat
Praktis,dalam cabang ilmu ini, terdapat 3 (tiga ) macam
-Ilmu Etika
-Ilmu
Ekonomi
-Ilmu politik
4.Filsafat Poetika .adalah suatu ilmu yang
mempersoalkan tentang
kesenian
dari berbagai seni lukis, seni pahat, seni tari , seni
musik
dll
Disamping pembagian diatas , pada zaman modern
ini yang disusun oleh staf redaksi
Encyklopaedi ENSIE ( Erste Nederland Systematich Ingerichte
Encyclopaedie) yang mengadakan pembagian filsafat menjadi (9) sembilan macam cabang ilmu yaitu : Metafisika, logika, filsafat
mengenal, filsafat pengetahuan , filsafat alam, filsafat kebudayaan, etika,
Aestetika , dan Antropologie
Dalam pada itu pada zaman modern ini juga
mengadakan pembagian filsafat sebagai
berikut :
a. Filsafat teoritis
-. Logika
-. Metafisika (
ontologi )
-. Filsafat alam
( kosmologi )
-. Filsafat
manusia ( antropologi )
b. Filsafat Praktis
-. Etika
-. Filsafat agama
-. Filsafat
kebudayaan
c. Filsafat Kesenian
( poetika )
-. Seni pahat
-. Sastra
-. Seni lukis
-. Seni tari
-. Dll
PEMBAGIAN FILSAFAT DAN BIDANGNYA
FILSAFAT ILMU
Dr. Widi Harsono
FILOSOFI SERING DIANGGAP SEBAGAI
SESUATU YANG ...
1. ELIT
2. SULIT
3. OBSCURE
4. ABSTRAK
1. ELIT , HANYA UNTUK GOLONGAN TERTENTU DAN BUKAN
UNTUK
KONSUMSI UMUM.
2.SULIT, BEBERAPA ASPEK HAMPIR TIDAK NYATA
, KOMPLEKS DAN BERBELIT-BELIT.
3 .OBSCURE ARTINYA, SERING DIANGGAP HAL YANG TIDAK
ADA KAITANNYA
DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-
HARI YANG DIFOKUSKAN KEPADA HAL-HAL YANG
TIDAK JELAS DARI PENGALAMAN SEHARI-HARI.
4.ABSTRAK , FILOSOFI MERUPAKAN SUATU ALAT YANG
BERHARGA DALAM MEMFASILITASI PROSES
PENGGABUNGAN
TEORI DAN PRAKTEK
DIFINISI FILOSOFI
Suatu disiplin yang
memperhatikan dan menggali dari dalil-dalil yang ada untuk dilaksanakan dalam
kehidupan sehari-hari ( Chinnn & Kramer, 1991 ).
Garis besar filosofi
adalah pendekatan berfikir tentang kenyataan, termasuk tradisi agama, dan
fenomena. ( Pearson & Vaugan 1986 )
Jadi FILOSOFI
diartikan sebagai pencarian kebijaksanaan atau ilmu tentang sesuatu disekitar
kita dan apa penyebabnya.
Filosofi merupakan
kesepakatan apa yang kita yakini dan nilai apa yang kita anut dalam
mempengaruhi kebiasaan kita.
TUJUAN FILOSOFI
Untuk memberikan
persepsi tentang hal –hal yang penting dan berharga dalam menfasilitasi proses
penggabungan teori dan praktek.
Tinjauan keilmuan
Salah satu ciri profesi mandiri adalah
adanya landasan pengetahuan ( body of
knowledge ) yang jelas dan adanya
institusi misalnya Kesehatan. PETUGAS KESEHATAN
sebagai profesi memerlukan pengetahuan teoritis yang jelas dan specifik
serta dapat memenuhi karakteristik keilmuan yang berdimensi dan bersifat
ilmiah.
Dari segi keilmuan, PETUGAS KESEHATAN yang mandiri perlu dirumuskan dengan
berpedoman kepada filsafat ilmu , sehingga dapat memenuhi ciri atau karakteristik dan spesifikasi pengetahuan yang bersifat
ilmiah.
Beberapa pokok karakteristik dan
spesifikasi ilmu meliputi hal-hal
sebagai berikut :
1. Obyek materi,
2. Obyek Forma
FILOSOFI ASUHAN
Memperhatikan keamanan Klien ( safety )
Memperhatikan kepuasan Klien (
Satisfying )
Menghormati martabat manusia dan self determination.
Menghormati akan perbedaan kultur dan etnik ( Respecting cultur )
Berpusat pada konteks keluarga ( family centered )
Berorientasi pada promosi kesehatan (
health promotion )
KOMPONEN PENYANGGA DALAM TINJAUAN KEILMUAN
Pendekatan ontologis
Pendekatan epistemologis
Pendekatan Aksiologis
PENDEKATAN ONTOLOGIS
Secara ontologis , membatasi ilmu penelaahan keilmuannya hanya pada
daerah-daerah jangkauan pengalaman manusia ,
Obyek penelaahan yang berada dalam batas prapengalaman ( Penciptaan manusia ) dan pasca pengalaman (
surga dan neraka ) diserahkan ilmunya kepada pengetahuan lain.
PENDEKATAN EPISTEMOLOGIS
Landasan epistemologi ilmu tercermin
secara operasional dalam methode ilmiah. Pada dasarnya methode ilmiah merupakan
cara ilmu memperoleh dan menyusun tubuh pengetahuannya berdasarkan :
.- Kerangka pemikiran yang bersifat logis
.- Menjabarkan
hipotesis
.- Melakukan ferifikasi terhadap
hipotesis.
PENDEKATAN AKSIOLOGIS
Aksiologis keilmuan menyangkut
nilai-nalai yang berkaitan dengan
pengetahuan ilmiah baik secara internal,
eksternal maupun sosial. Nilai internal
berkaitan dengan wujud dan kegiatan ilmiah dalam memperoleh pengetahuan tanpa
mengesampingkan fitrah manusia. Nilai
eksternal, berkaitan dengan penggunaan pengetahuan ilmiah. Sedang Nilai Sosial menyangkut pandangan
masyarakat yang menilai keberadaan suatu pengetahuan dan profesi tertentu.
FILSAFAT ILMU DAN METHODE PENELITIAN
ILMU ( SCIENCE ) ADALAH CABANG DARI
PENGETAHUAN (
KNOWLEDGE )
·
ILMU = PENGETAHUAN YANG BERSIFAT
ILMIAH ( SCIENTIFIC KNOWLEDGE )
KATEGORI PENGETAHUAN :
- PENGETAHUAN TENTANG APA YANG BAIK DAN BURUK ( ETIKA )
- PENGETAHUAN TENTANG APA YANG INDAH DAN JELEK (ESTETIKA )
- PENGETAHUAN TENTANG APA YANG BENAR DAN SALAH ( LOGIKA )
LOGIKA : CARA BERFIKIR
MENURUT ATURAN TERTENTU
DALAM KEGIATAN KEILMUAN, LOGIKA (
AKTIVITAS BERFIKIR YANG TERATUR ) DIIKUTI DENGAN PENUH KEDISIPLINAN
ILMU PENGETAHUAN MUNCUL
AKIBAT KEKAGUMAN MANUSIA ATAS FENOMENA ALAM DAN SOSIAL YANG SELALU DIHADAPINYA
|
|
PROSES BERFIKIR :
- BERFIKIR RASIONAL – PROSES UNTUK MENDAPATKAN PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN DENGAN MENGGUNAKAN AKAL-BUDI
- BERFIKIR LOGIKAL – PROSES UNTUK MENDAPATKAN PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERFIKIR YANG TELAH DITETAPKAN DALAM ATURAN LOGIKA FORMAL
- BERFIKIR DIALEKTIS – PROSES MENETAPKAN TESIS DAN ANTI TESIS UNTUK MEMPEROLEH SINTESIS
- BERFIKIR INTUITIF – PROSES UNTUK MENDAPATKAN PENGETAHUAN DENGAN SEGERA TANPA TERLALU MEMPERDULIKAN PROSEDUR DAN LANGKAH UNTUK SAMPAI PADA PENGETAHUAN TERSEBUT
- BERFIKIR TAKSONOMIS – PROSES UNTUK MEMPEROLEH PENGETAHUAN DENGAN MENYUSUN KLASIFIKASI, TUJUANNYA ADALAH MENYEDERHANAKAN FENOMENA DAN GEJALA DALAM KATEGORI
- BERFIKIR SIMBOLIS – PROSES UNTUK MEMPEROLEH PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN DENGAN MELIHAT FENOMENA SEBAGAI LAMBANG ( SIMBOL )
·
ILMU ( PENGETAHUAN ILMIAH ) TIDAK
BERTUJUAN UNTUK MENCARI KEBENARAN ABSOLUT, MELAINKAN KEBENARAN YANG BERMANFAAT
BAGI MANUSIA DALAM TAHAP PERKEMBANGAN TERTENTU
·
UNTUK MEMPEROLEH KEBENARAN BISA DICAPAI DENGAN DUA CARA : NON-ILMIAH DAN
ILMIAH :
NON-ILMIAH :
1.
AKAL-SEHAT ( COMMON
SENSE ) – YAITU MENYUSUN DAN MEMBUAT GENERALISASI ATAS FENOMENA DENGAN
MENGGUNAKAN AKAL-SEHAT;
2.
PRASANGKA ( PRESUMPTION
) – MEMPEROLEH PENGETAHUAN DENGAN MEMBUAT GENERALISASI YANG SANGAT LUAS SEHINGGA
TIMBUL SANGKA/DUGAAN KEBENARAN ATAS SUATU FENOMENA
3.
INTUISI ( INTUITION
)- PENGETAHUAN YANG DIPEROLEH SECARA CEPAT YANG TIDAK DIDASARI OLEH
PERENUNGAN YANG MENDALAM ATAU TIDAK DIFIKIRKAN TERLEBIH DAHULU
4.
PENEMUAN KEBETULAN
/ COBA-COBA – PENGETAHUAN YANG DIPEROLEH TANPA RENCANA, TIDAK PASTI, DAN
TIDAK MELALUI LANGKAH-LANGKAHYANG SISTEMATIK DAN TERKENDALI
5.
PENDAPAT OTORITAS
ILMIAH DAN FIKIRAN KRITIS – PENDAPAT YANG BERASAL DARI ORANG YANG MEMPUNYAI
OTORITAS KEILMUAN ( BERPENDIDIKAN ) YANG TINGGI SERINGKALI DITERIMA TANPA DIUJI
KARENA TELAH DIANGGAP BENAR
ILMIAH :
UPAYA UNTUK
MEMPEROLEH KEBENARAN LEWAT PENDEKATAN / PENELITIAN ILMIAH YAITU PENELITIAN YANG
SISITEMATIK DAN TERKONTROL BERDASAR ATAS DATA EMPIRIS, OBYEKTIF DAN TIDAK BIAS
TUGAS ILMU
ADALAH UNTUK : 1) MENCANDRA / MEMBUAT DESKRIPSI; 2) MENERANGKAN / EKSPLANASI;
3) MENYUSUN TEORI; 4) MEMBUAT PREDIKSI, ESTIMASI DAN PROYEKSI; 5) MELAKUKAN
PENGENDALIAN
KRITERIA
KEBENARAN
KOHERENSI KORESPONDENSI PRAGMATIS
LOGIKA DEDUKTIF LOGIKA INDUKTIF LOGIKA PRAGMATIS
* PLATO
* ARISTOTELES
SUATU PERNYA-TAAN DIANGGAP BENAR APABILA PERNYATAAN ITU KOHEREN / KONSIS-TEN DENGAN PERNYATAAN
SEBELUMNYA YANG DIANGGAP BENAR. MISALNYA : “SEMUA
MANUSIA PASTI AKAN MATI. SI FULAN ADALAH MANUSIA DAN PASTI IA AKAN MATI ”
*BERTRAND RUSSEL
SUATU PERNYA-TAAN ADALAH BENAR
BILA PERNYATAAN ITU BERKORES-PONDENSI DENGAN OBYEK YANG DI- TUJU OLEH
PER-NYATAAN TERSEBUT. MISAL-NYA : “IBUKOTA RI ADALAH JAKARTA”. ITU ADALAH SUATU PEMBUKTIAN
SECARA EMPIRIK DALAM BENTUK PENGUMPULAN FAKTA-FAKTA YANG MENDUKUNG PERNYATAAN
TERTENTU.
* CHARLES PIERSE
SUATU PERNYA-TAAN ADALAH BENAR
BILA PERNYATAAN ATAU KONSEKWENSI DARI PERNYATAAN ITU MEMPUNYAI KEGU-NAAN
PRAKTIS DA-LAM KEHIDUPAN MANUSIA. MISAL-NYA : “DENGAN DI BERI GANJARAN / HADIAH SI MURID AKAN TERMOTIVASI BELAJAR
DENGAN BAIK “
·
FILSAFAT ILMU SEBAGAI SALAH SATU CABANG ILMU
FILSAFAT ADALAH MERUPAKAN KEGIATAN MEREFLEKSI SECARA MENDASAR DAN INTEGRAL
MENGENAI HAKEKAT ILMU PENGETAUAN ( Kunto Wibisono : 1999 )
·
OBYEK
FILSAFAT ILMU ADALAH MERUPAKAN TIANG-TIANG PENYANGGA EKSISTENSI LMU PENGETAHUAN
YANG MELIPUTI ; 1) ONTOLOGI ;
2) EPISTEMOLOGI ; DAN 3) AKSIOLOGI
ONTOLOGI
: MENGKAJI APA HAKEKAT SESUATU ITU ?
FAHAM-FAHAM SEPERTI IDEALISME, SPIRITUALISME, MATERIALISME DSB. ADALAH
MERUPAKAN FILSAFAT ONTOLOGI.
EPISTEMOLOGI
: MENGKAJI TENTANG
BAGAMANA CARA YANG DIPAKAI UNTUK MEMPEROLEH PENGETAHUAN, APA SARANANYA DAN APA
UKURAN YANG DIPAKAI UNTUK MEMPEROLEH KEBENARAN ? FAHAM-FAHAM RASIONALISME,
EMPIRISME, KRITISISME, POSITIVISME DAN FENOMENALOGISME TERMASUK KE DALAM
FILSAFAT EPISTEMOLOGI.
AKSIOLOGI
: MENGKAJI TENTANG NILAI ( VALUE ) SEBAGAI IMPERATIF DALAM
PENERAPAN DAN PEMANFAATAN ILMU SECARA PRAKSIS.
·
PERBEDAAN PANDANGAN ANTARA FAHAM POSITIVISM DAN
POST POSITIVISM TENTANG KETIGA TIANG ILMU YAITU :
-
ONTOLOGI,
-
EPISTEMOLOGI ,DAN
-
AKSIOLOGI
DAPAT DILIHAT SEBAGAI BERIKUT :
1.
Y.S. LINCOLN & E.G. GUBA , 1985, NATURALISTIC INQUIRY :
CONTRASTING POSITIVIST
AND NATURALIST AXIOMS
AXIOMS ABOUT :
|
POSITIVIST PARADIGM
|
NATURALIST PARADIGM
|
THE NATURE OF
REALITY
|
REALITY IS SINGLE,
TANGIBLE AND FRAGMENTABLE
|
REALITIES ARE
MULTIPLE, CONSTRUCTED, AND HOLISTIC
|
THE RELATIONSHIP OF
THE KNOWER TO THE KNOWN
|
KNOWER AND KNOWN
ARE INDEPENDENT, A DUALISM
|
KNOWER AND KNOWN
ARE
INTERACTIVE,
INSEPARABLE
|
THE POSSIBILITY OF
GENERALIZATION
|
TIME AND
CONTEXT-FREE,GENERALIZATION
( NOMOTHETIC STATEMENTS ) ARE POSSIBLE
|
ONLY TIME AND
CONTEXT-BOUND WORKING HYPOTHESES
( IDIOGRAPHIC
STATEMENTS ) ARE POSSIBLE
|
THE POSSIBILITY OF
CAUSAL LINKAGES
|
THERE ARE REAL
CAUSES ,TEMPORALLY PRECEDENT TO OR SIMULTANEOUS WITH THEIR EFFECTS
|
ALL ENTITIES ARE IN
A STATE OF MUTUAL
SIMULTANEOUS SHAPING ,SO THAT IT IS IMPOSSIBLE TO DISTINGUISH CAUSES FROM
EFFECTS
|
THE ROLE OF VALUES
|
INQUIRY IS
VALUE-FREE
|
INQUIRY IS
VALUE-BOUND
|
2. J.W. CRESWELL, 1994, RESEARCH DESIGN : QUALITATIVE & QUANTI-TATIVE APPROACHES.
QUANTITATIVE AND
QUALITATIVE PARADIGM ASSUMPTIONS
ASSUMPTION
|
QUESTION
|
QUANTITATIVE
|
QUALITATIVE
|
||
ONTOLOGICAL
ASSUMPTION
|
WHAT IS THE NATURE
OF REALITY ?
|
REALITY IS
OBJECTIVE AND SINGULAR, APART FROM THE RESEARCHER
|
REALITY IS
SUBJECTIVE AND MULTIPLE AS SEEN BY PARTICIPANT IN A STUDY
|
||
EPISTEMOLOGI-CAL
ASSUMPTION
|
WHAT IS THE
RELATIONSHIP OF THE RESEARCHER TO THAT RESEARCHED ?
|
REALITY IS
INDEPENDENT FROM THAT BEING RESEARCHED
|
RESEARCHER
INTERACTS WITH THAT BIENG RESEARCHED
|
||
AXIOLOGICAL
ASSUMPTION
|
WHAT IS THE ROLE OF
VALUES ?
|
VALUE-FREE AND
UNBIASED
|
VALUE-LADEN AND
BIASED
|
||
RHETORICAL
ASSUMPTION
|
WHAT IS THE
LANGUAGE OF RESEARCH ?
|
FORMAL; BASED ON
SET DEFINITIONS; IMPERSONAL VOICE; USE OF ACCEPTED QUANTITATIVE WORDS
|
INFORMAL; EVOLVING
DECISIONS; PERSONAL VOICE; ACCEPTED QUALITATIVE WORDS
|
||
METHODOLOGI-CAL
ASSUMPTION
|
WHAT IS THE PROCESS
OF THE RESEARCH ?
|
DEDUCTIVE PROCESS;
CAUSE AND EFFECT; STATIC DESIGN-CATEGORIES ISOLATED BEFORE STUDY;
CONTEXT-FREE; GENERALIZA-TIONS LEADING TO PREDICTION, EXPLANATION,AND
UNDER-STANDING; ACCURATE AND RELIABLE THROUGH VALIDITY AND RELIABILITY
|
INDUCTIVE PROCESS;
MUTUAL SIMULTANEOUS SHAPING OF FACTORS; EMERGING DESIGN-CATEGORIES IDENTIFIED
DURING RESEARCH PROCESS; CONTEXT- BOUND; PATTERNS, THEORIES DEVELOPED FOR
UNDER-STANDING; ACCURATE AND RELIABLE THROUGH VERIFICATION
|
||
SOURCE : BASED ON FIRESTONE (1987); GUBA & LINCOLN
(1988); AND Mc CRAKEN (1988)
PERTANYAAN “ APAKAH ILMU ITU BEBAS NILAI ( VALUE FREE
) ATAUKAH SARAT DENGAN NILAI ( VALUE BOUND ) ?
KUNTO WIBISOSNO
(1999) MENYATAKAN BAHWA ILMU PENGETAHUAN SEBAGAI SATU KESATUAN MENAMPAKKAN DIRI
SECARA DIMENSIONAL : 1) SEBAGAI
MASYARAKAT – ADANYA SEKELOMPOK ELIT YANG DALAM KEHIDUPANNYA MENDAMBAKAN
KEWAJIBAN DAN TANGGUNGJAWAB; 2) SEBAGAI
PROSES – ADALAH AKTIFITAS MASYARAKAT ILMIAH SEPERTI PENELITIAN, SEMINAR, PERCOBAAN DSB. MENCARI DAN MENEMUKAN
SESUATU HASIL YANG PRAGMATIS ; DAN 3)
SEBAGAI PRODUK – MENUNJUKAN HASIL-HASIL YANG BERUPA KARYA ILMIAH,
TEORI-TOERI, PARADIGMA-PARADIGMA BESERTA HASIL TERAPANNYA YANG BERUPA
TEKNOLOGI.
ILMU SEBAGAI PRODUK ADALAH BEBAS
NILAI ;
SEDANGKAN ILMU SEBAGAI MASYARAKAT DAN PROSES YANG SELALU BERADA DALAM
KONTEKS SELALU TERIKAT OLEH NILAI.
ILMU SEBAGAI
PRODUK PUN, SEBENARNYA APABILA DITERAPKAN SECARA PRAKTIS UNTUK MENCAPAI TUJUAN
SECARA IMPLISIT SUDAH DIKENDALIKAN OLEH NILAI !
ALIRAN-ALIRAN UTAMA EPISTEMOLOGI
ILMU
1.
POSITIVISME
- AUGUSTE COMTE
- UPAYA MENGGENERALISASI RERATA
1.1.GRAND
THEORY ‘ HUKUM TIGA TAHAP PERKEMBANGAN ‘ , PERKEMBANGAN PEMIKIRAN MANUSIA
TERBAGI MENJADI TIGA TAHAP : 1) TAHAP TEOLOGIS ATAU FIKTIF; 2) TAHAP METAFISIK
ATAU ABSTRAK; 3) TAHAP POSITIF ATAU RIIL
1.2.MENOLAK
TEOLOGI DAN METAFISIK KARENA KEDUANYA DINILAI PRIMITIF
1.3.LEBIH
DIDASARKAN PADA PENELITIAN EMPIRIK DARIPADA SPEKULASI FILOSOFIK
1.4.ILMU YANG
VALID ADALAH ILMU YANG DIBANGUN DARI EMPIRI MENUJU KEBENARAN ‘EMPIRI SENSUAL’
1.5.MENGEMBANGKAN
METODOLOGI ’NOMOTETIK/AKSIOMATIK’
1.6.METODOLOGI
PENELITIAN KUANTITATIF
1.7.PENDEKATAN
POSITIVISTIK DENGAN : A) MENGGUNAKAN
POLA PIKIR KUANTITATIF YANG TERUKUR, TERAMATI, EMPIRI SENSUAL, LOGIKA MATEMATIK
DAN BERTUJUAN MEMBUAT GENERALISASI ATAS RERA-TA ; B) MENGGABUNGKAN OLAHAN
STATISTIK DENGAN OLAHAN VERBAL DENGAN POLA PIKIR KUANTITATIF
1.8.KEBENARAN
DICARI LEWAT POLA PIKIR RELASI ( KORELASIONAL, SEBAB-AKIBAT, INTERAKTIF ), YANG
:
·
SECARA ONTOLOGIK
MELIHAT REALITAS DAPAT DIPILAH-PILAH DAN DAPAT DIPELAJARI SECARA INDEPENDEN DAN
DIELIMINA-SIKAN DARI OBYEK YANG LAIN DAN DAPAT DIKONTROL
·
SECARA EPISTEMOLOGIK
MENUNTUT DIKOTOMI ANTARA PENELITI DENGAN OBYEK PENELITIAN AGAR DIPEROLEH
HASIL YANG OBYEKTIF. TUJUAN PENELITIANNYA ADALAH MEMBANGUN ILMU
NOMOTETIK/AKSIOMATIK YAKNI ILMU YANG MEMBUAT HUKUM DARI GENERALISASI RERATANYA
·
SECARA AKSIOLOGIK
PENDEKATAN POSITIVISME PROSESNYA HARUS BEBAS NILAI ( VALUE FREE ), DAN YANG DIKEJAR ADALAH ‘OBYEKTIVITAS’ AGAR DAPAT
DISAJIKAN PREDIKSI/HUKUM YANG KEBERLAKUANNYA BEBAS WAKTU DAN TEMPAT (
SPATIO-TEMPORAL )
2. RASIONALISME
§
DESCARTES
§
UPAYA UNTUK MEMPEROLEH ESENSI / KEBENARAN APRIORI
§ BERSIFAT
SOLIPSISTIK ( HANYA BENAR MENURUT KERANGKA FIKIR TERTENTU ) DAN SUBYEKTIF
2.1
SEMUA ILMU BERASAL DARI PEMAHAMAN INTELEKTUAL MANUSIA YANG DIBANGUN ATAS KEMAMPUAN
BERARGUMENTASI SECARA LOGIS, BUKAN DIBANGUN ATAS PENGALAMAN EMPIRI
TETAPI MENEKANKAN PADA PEMAKNAAN EMPIRI YANG DIDUKUNG OLEH DATA EMPIRIK
YANG RELEVAN
2.2
KEGIATAN BERARGUMENTASI DAN MEMBERI MAKNA SELALU
DIDAHULUI DENGAN UJI EMPIRIK SECARA TERUS-MENERUS
2.3
ILMU YANG VALID MERUPAKAN ABSTRAKSI, SIMPLIFIKASI ATAU
IDEALISASI DARI REALITAS DAN TERBUKTI RELEVAN ATAU KOHEREN DENGAN SISTEM
LOGIKNYA
4.1
REALITAS TIDAK DAPAT/TIDAK MUDAH DIHAYATI SECARA
SENSUAL SAJA SEHINGGA DIATAS EMPIRI SENSUAL ADA EMPERI LOGIKAL / TERORITIKAL DAN
DIAKUI ADANYA PENGHAYATAN MANUSIA MENGENAI NILAI BAIK DAN BURUK ( PENGAKUAN
ATAS EMPIRI SENSUAL, LOGIKAL DAN ETIKAL )
2.5
PENELITIAN DENGAN PENDEKATAN RASIONALISME : A)
MENUNTUT SIFAT OBYEK YANG HOLISTIK; B)
OBYEK PENELITIAN TIDAK DILEPASKAN DARI KONTEKSNYA ATAU PALING JAUH OBYEK
DITELITI DALAM FOKUS ATAU TEKANAN TERTENTU
2.6
MENGEJAR DIPEROLEHNYA GENERALISASI ATAU
HUKUM-HUKUM (
NOMOTETIK/AKSIOMATIK ) TETAPI BEDANYA DENGAN POSITIVISME YANG BERTOLAK DARI
OBYEK YANG SPESIFIK, SEDANGKAN RASIONALISME BERTOLAK DARI KONSTRUKSI ‘TEORI
BESAR’ ATAU ‘KONSEP BESAR’ DAN OBYEK YANG HOLISTIK
2.7
SELAIN MENGENAL POLA FIKIR RELASIONAL ( KORELASIONAL,
SEBAB-AKIBAT, INTERAKTIF ) JUGA POLA FIKIR GENETIK , HISTORIK, ANTISIPATIK,
REFLEKTIF, KONTEKSTUAL DAN EKLEKTIK
2.8
MENGAKUI KEKUATAN FIKIR MANUSIA UNTUK MEMBERIKAN MAKNA
PADA LINGKUNGAN DAN PADA DIRI MANUSIA
2.9
SECARA ONTOLOGIK
RASIONALISME MELIHAT REALITAS TIDAK PILAH DARI KONTEKS TOTALITASNYA DAN
MENGAKUI TIGA MACAM EMPIRI : SENSUAL, LOGIKAL DAN ETIKAL
SECARA EPISTEMOLOGIK RASIONALISME BERUPAYA
MENCARI KEBENARAN DENGAN MENGGUNAKAN KETIGA EMPIRI TERSEBUT UNTUK MENGKONTRUKSI
TEORI TERTENTU. RASIONALISME LEBIH MENGARAH KE ADANYA MONOISME TEORITIK
DARIPADA PLURALISME TEORITIK
SECARA AKSIOLOGIK RASIONALISME TIDAK HANYA INGIN
MEMPEROLEH ILMU YANG NOMOTETIK / AKSIOMATIK TETAPI JUGA GENERALISASI HARUS
MERUPAKAN HASIL UJI MAKNA EMPIRIK DAN
REFLEKTIF
3. EMPIRISISME
§ JOHN
LOCKE
§ MENEKANKAN
PENTINGNYA PENGALAMAN ( KEBENARAN APOSTERIORI
)
3.1
PENGETAHUAN DIPEROLEH LEWAT PENGALAMAN INDERAWI MANUSIA
3.2
PENGETAHUAN DIPEROLEH DENGAN JALAN MENGGUNAKAN DAN MEMBANDINGKAN GAGASAN-GAGASAN YANG DIPEROLEH
DARI PENGINDERAAN DENGAN REFLEKSINYA
3.3
BERBEDA DENGAN POSITIVISME, AKAL MANUSIA HANYA
MERUPAKAN TEMPAT PENAMPUNGAN YANG SECARA PASIF MENERIMA HASIL PENGINDERAAN
MANUSIA
3.4
GEJALA-GEJALA ALAMIAH BERSIFAT KONKRET DAN DIUNGKAP
LEWAT PENGINDERAAN DAN BILA DITELAAH LEBIH LANJUT AKAN MENGHASILKAN PENGETAHUAN
DENGAN KARAKTERISTIK TERTENTU ( LOGAM
AKAN MENGEMBANG BILA DIPANASKAN )
3.5
MENGGUNAKAN CARA BERFIKIR INDUKTIF
3.6
FAKTA ADALAH NYATA KARENA DAPAT DITANGKAP DENGAN INDERA
MANUSIA
3.7
SECARA ONTOLOGIK
REALITAS ( KEBENARAN ) ITU ADALAH MERUPAKAN BENTUK DARI PENGALAMAN MANUSIA;
SECARA EPISTEMOLOGIK EMPIRISISME LEBIH
MENEKANKAN PENTINGNYA EMPIRI SENSUAL DAN PENGETAHUAN DIBENTUK ATAS DASAR
PENGALAMAN INDERAWI MANUSIA; DAN
SECARA AKSIOLOGIK EMPIRISISME MENGAKUI ADANYA KEBENARAN EMPIRI
SENSUAL DAN KURANG MEMBERI NILAI PADA PERAN EMPIRI LOGIKAL
4. FENOMENOLOGISME
§
EDMUND HUSSERL
§
UPAYA MEMAHAMI ‘MAKNA‘ PERISTIWA DAN INTERAKSI
MANUSIA PADA SITUASI TERTENTU
4.1
ILMU TIDAK TERBATAS PADA HAL YANG EMPIRIK SENSUAL SAJA
TETAPI JUGA MENCAKUP PELBAGAI FENOMENA SEPERTI : PERSEPSI, PEMIKIRAN, KEMAUAN
DAN KEYAKINAN SUBYEK TENTANG SESUATU DILUAR DIRINYA, ADA YANG TRANSENDEN SELAIN
JUGA YANG APOSTERIORIK
4.2
MENUNTUT PENDEKATAN HOLISTIK, MENDUDUKKAN OBYEK
PENELITIAN DALAM SUATU KONSTRUKSI GANDA DAN MELIHAT OBYEKNYA DALAM SUATU
KONTEKS NATURAL DAN PARSIAL
4.3
MELIHAT OBYEK DALAM KONTEKSNYA DAN MENGGUNAKAN TATA
FIKIR LOGIK LEBIH DARI SEKEDAR BERFIKIR LINEAR-KAUSAL
4.4
BERTUJUAN MEMBANGUN ILMU IDIOGRAFIK ( KASUS INDIVIDUAL
) DAN BUKANNYA ILMU NOMOTETIK / AKSIOMATIK
4.5
HASIL PENELITIAN FENOMOLOGIS KEABSAHANNYA DIKAJI LEWAT
UJI : KREDIBILITAS ; TRANSFERABILITAS ; DEPENDABILITAS ; DAN KONFIRMABILITAS ,
YANG MIRIP DENGAN VALIDITAS INTERNAL, VALIDITAS EKSTERNAL, RELIABILITAS DAN
OBYEKTIFITAS PADA ANCANGAN POSITIVISME
4.6
SECARA ONTOLOGIK
FENOMENOLOGISME MELIHAT REALITAS ITU KOMPLEKS, TERTATA, PUNYA BERBAGAI
PERSPEKTIF DAN SALING BERHUBUNGAN SECARA INTERAKTIF SERTA SELALU TERKAIT
DENGAN WAKTU DAN KONTEKS
SECARA EPISTEMOLOGIK FENOMENOLOGISME MENUNTUT
MENYATUNYA ( BUKAN PILAH ) PENELITI DENGAN OBYEK PENELITIANNYA. INTERAKSI
OBYEK-SUBYEK BUKANLAH MERUPAKAN HUBUNGAN YANG BERSIFAT
KAUSALITAS-LINEAR, TETAPI HUBUNGAN TIMBAL-BALIK HETERARKHIK, INDETERMINATIF DAN
MORPHOGENIK , MUTUAL SHAPING . TEORI
DAN FAKTA DITENTUKAN OLEH NILAI , YAITU : 1) NILAI DARI PIHAK PENELITI ITU
SENDIRI; 2) NILAI DALAM KONTEKS KULTURAL OBYEK PENELITIANNYA; 3) NILAI YANG
TERJABARKAN DALAM SUBSTANSI PENELITIAN; 4) NILAI YANG TERJABARKAN PADA
METODOLOGI PENELITIAN.
SECARA AKSIOLOGIK FENOMENOLOGISME MENGAKUI ADANYA KEBENARAN
EMPIRI ETIKAL ( VALUE BOUND / VALUE LADEN
) DAN MENGENAL PULA
KEBENARAN TRANSENDENTAL, SENSUAL DAN LOGIKAL.
PERANG TANDING ANTARA EPISTEMOLOGI RASIONALISME ( YANG LEBIH MENGEDEPANKAN
EMPIRI LOGIKAL ) MELAWAN EMPIRISISME (
YANG LEBIH MEMENTINGKAN EMPIRI SENSUAL ) DICOBA DITENGAHI OLEH IMMANUEL KANT
DENGAN FAHAM FENOMENALISME.
KEDUA FAHAM,
RASIONALISME YANG CENDERUNG BERPOLA FIKIR APRIORIK DAN EMPIRISISME YANG BERPOLA
FIKIR APOSTERIORIK DINILAI KANT KEDUANYA TIMPANG ATAU BERAT SEBELAH. IA
MENEGASKAN BAHWA PENGETAHUAN MANUSIA MERUPAKAN PERPADUAN DAN SINTESIS ANTARA
KOMPONEN APRIORI DAN APOSTERIORI.
METODE ILMIAH
( J.S. Suriasumantri, 1985 )
|
|
|||||
DEDUKSI
KOHERENSI
|
|||||||
PRAGMATISME
INDUKSI
KORESPONDENSI
THE FLOW OF
NATURALISTIC INQUIRY
( Source :
Y.S.Lincoln & E.G.Guba , 1985 )
|
CARRIED
OUT WITHIN
ALL TESTED FOR :
PROBLEM,
EVALUAND ,OR . CREDIBILITY
POLICY OPTION DETER
. TRANSFERABILITY
MINED BOUNDARIES
.
DEPENDABILITY
CONFIRMABILITY
DEMANDS
|
|
|
ENGAGING IN
INTERATED
UNTIL
REDUNDANCY
INVOLVING
LEADING TO
WHICH IS BOTH
MENDESAIN DAN MELAKSANAKAN PENELITIAN KUALITATIF
§
SETIAP CALON PENELITI YANG HENDAK MELAKSANAKAN
SUATU KEGIATAN PENELITIAN , HENDAKNYA TERLEBIH DAHULU MENDALAMI 4 HAL PENTING
YAKNI :
1.
PARADIGMA / TEORI , YAKNI SERANGKAIAN KONSEP YANG
BERSIFAT EKSPLANATIF
2.
HIPOTESIS ,
SUATU PROPOSISI YANG BISA DIUJI / DITES KEBENARANNYA
3.
METODOLOGI , SUATU
PENDEKATAN UMUM UNTUK MENGKAJI SUATU TOPIK PENELITIAN
4.
METODE , SUATU
TEKNIK PENELITIAN YANG DIPILIH UNTUK MELAKSANAKAN PENELITIAN
CONTOH
1.
SUATU PENELITIAN YANG BERPARADIGMA POST POSITIVISM, MISALNYA
‘ INTERAKSI SIMBOLIK ‘ MENCOBA UNTUK MENGKAJI MAKNA-MAKNA SOSIAL YANG TERBENTUK
KARENA ADANYA HUBUNGAN-HUBUNGAN ANTAR PRIBADI TENTANG SIKAP KAUM PEREMPUAN MENGENAI KUOTA 30% DI LEMBAGA LEGISLATIF;
2.
HIPOTESA KERJA
LOKAL YANG DISUSUN DAN DIUJI DI KANCAH MISALNYA : ‘ SEMAKIN KUATNYA
TUNTUTAN KAUM PEREMPUAN DI KOTA X UNTUK MASUK DI LEMBAGA LEGISLATIF ’
3.
TOPIK PENELITIAN
YANG DIKAJI LEWAT METODOLOGI KUALITATIF-NATURALISTIK
ATAU ‘ VERSTEHEN ‘
4.
DENGAN MENGGUNAKAN METODE
OBSERVASI, WAWANCARA, ANALISIS TEKS DAN DOKUMENTASI
METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF
UNTUK KAJIAN KEBIJAKAN ( BAIK
PUBLIK MAUPUN BISNIS ) MENURUT JANE RITCHIE & LIZ SPENCER ( 1994 ) TERBAGI KE DALAM 4 KATEGORI ,
YAKNI :
1.
CONTEXTUAL : BERTUJUAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI FORMAT
/ BENTUK DAN HAKEKAT KARAKTERISTIK SUATU KEBIJAKAN YANG SEDANG BERJALAN.
MISALNYA : MENGKAJI TENTANG WUJUD PELAKSANAAN
KEBIJAKAN PENGADAAN BERAS MURAH BAGI MASYARAKAT MISKIN DI SUATU DAERAH (
GERDU-TASKIN )
2.
DIAGNOSTIC :
BERTUJUAN UNTUK MENELAAH ALASAN-ALASAN ATAU SEBAB-SEBAB MENGAPA SUATU
KEBIJAKAN PERLU DI BUAT
MISALNYA : SUATU KAJIAN TENTANG PERLUNYA
PENANGGULANGAN KEMISKINAN LEWAT PROYEK JPS-PDMDKE.
3.
EVALUATIVE : BERTUJUAN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS
PELAKSANAAN SUATU KEBIJAKAN
MISALNYA : SUATU KAJIAN TENTANG PERLU TIDAKNYA
PEMERINTAH MEMPRIVATISASIKAN PENGADAAN AIR MINUM BAGI MASYARAKAT
4.
STRATEGIC : BERTUJUAN MENGIDENTIFIKASI
PERLUNYA SUATU KEBIJAKAN BARU UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HIDUP MASYARAKAT
MISALNYA : SUATU KAJIAN TENTANG PERLUNYA KEBIJAKAN ECO LABELLING BAGI PRODUK KEMASAN
MAKANAN
§ DESAIN PENELITIAN KUALITATIF
MENURUT PANDANGAN Y.S.LINCOLN & E.G.GUBA ( 1985 ), NATURALISTIC INQUIRY.
1.
PENELITIAN SELALU DIAWALI DENGAN PENETAPAN ‘ FOKUS
PENELITIAN ‘ YANG BIASANYA BERUPA MASALAH, HAL-HAL YANG AKAN DIEVALUASI,
PILIHAN / OPSI KEBIJAKAN YANG BISA BERUBAH-UBAH
2.
TEORI DIMUNCULKAN DARI HASIL PENELITIAN LAPANGAN (
TEORI BERDASAR DATA ) SEHINGGA MASALAH DAN METODE PENGUMPULAN DATA DAPAT
BERUBAH SEHUBUNGAN DENGAN PENETAPAN TEORI DI LAPANGAN
3.
SAMPLE PENELITIAN BUKANLAH MERUPAKAN ‘ REPRESENTASI ‘
DARI POPULASI ( STATISTICAL SAMPLING
) YANG HARUS REPRESENTATIF TETAPI MERUPAKAN SUATU CARA UNTUK MEMAKSIMALKAN
BESARAN INFORMASI YANG DIINGINKAN ( DALAM KONTEKS PENYUSUNAN TEORI ) SEHINGGA
BERNUANSA SAMPLE TEORITIS ( THEORETICAL
SAMPLING ) YANG PAS/COCOK DAN SERIAL
( ‘CONTINGENT AND SERIAL’ )
4.
INTRUMEN PENELITIAN TIDAK BERSIFAT EKSTERNAL ( OBYEKTIF
SEPERTI MISALNYA LEWAT PERTANYAAN DENGAN JAWABAN PILIHAN GANDA YANG DI TETAPKAN
TERLEBIH DAHULU OLEH PENELITI ), TETAPI BERSIFAT INTERNAL ( SUBYEKTIF ) YANG DIMAKSUDKAN AGAR PENELITI MAMPU MEMBACA , MEMOTRET DAN MEMBERI MAKNA
ATAS FENOMENA YANG AKAN DIKAJINYA
5.
ANALISIS DATA BERSIFAT ‘ OPEN ENDED ‘ DAN ‘ INDUKTIF ‘
MERUPAKAN CARA TERBAIK AGAR DATA YANG DIANALISIS MEMPUNYAI MAKNA, YAKNI DENGAN
MEMPERPANJANG PROSES PENELITIAN DAN MEMAHAMI SECARA MAKSIMAL DAN MENDALAM ( VERSTEHEN ) FENOMENA YANG DIKAJI SESUAI DENGAN
KONTEKKSNYA
6.
PENENTUAN JUMLAH BIAYA PENELITIAN AGAK SUKAR DITETAPKAN
DENGAN TEPAT KARENA TUJUAN PENELITIAN , YAITU MENJAWAB PERTANYAAN PENELITIAN ,
AGAR TERCAPAI SULIT DIJADWAL
7.
HASIL PENELITIAN KUALITATIF AGAK SUKAR DITETAPKAN
SECARA SPESIFIK SEPERTI MISALNYA DENGAN MENARIK GENERALISASI ( SEPERTI PADA PENELITIAN
KUANTITATIF ) KARENA SELAIN HASILNYA BERSIFAT TENTATIF IA JUGA BERSIFAT SUBSTANTIF & SUBYEKTIF ( IDIOGRAFIS ) --- YAITU MENGGAMBARKAN SECARA
MENDALAM ‘TACIT KNOWLEDGE ‘
DARI SUBYEK PENELITIANNYA SECARA ALAMI. GENERALISASI
HASIL PENELITIANNYA HANYA DIMUNGKINKAN BILA HASIL UJI TERHADAP KEABSAHAN
DATANYA YANG MELIPUTI CREDIBILITY,
TRANSFERABILITY, DEPENDABILITY DAN CONFIRMABILITY
MENUNJUKAN TINGKAT KEPERCAYAAN HASIL
YANG SANGAT TINGGI. INILAH YANG KEMUDIAN OLEH LINCOLN DAN GUBA DISEBUT DENGAN ISTILAH TRUSTWORTHINESS.
§
UNSUR-UNSUR DESAIN DAN LANGKAH-LANGKAH
PENELITIAN KUALITATIF MENURUT GAGASAN LINCOLN
DAN GUBA ( 1985 )
1.
MERANCANG DAN MENETAPKAN SUATU FOKUS PENELITIAN YANG
BERANGKAT DARI ADANYA MASALAH TERTENTU ( PROBLEM ), OBYEK PENILAIAN ( EVALUAND
) DAN OPSI KEBIJAKAN ( POLICY OPTION )
2.
MERANCANG DAN MENETAPKAN KECOCOKAN ‘ PARADIGMA
PENELITIAN ‘ DENGAN ‘ FOKUS PENELITIAN ‘.
WALAUPUN TIDAK
ADA RUMUS BAKU UNTUK INI TETAPI SEBELUMNYA PERLU DIJAWAB BEBERAPA
PERTANYAAN ( AKSIOMA PARADIGMA
PENELITIAN ) SBB :
2.1 APAKAH
FENOMENA YANG AKAN DITELITI BERSIFAT GANDA ATAU TUNGGAL ?
2.2 BAGAIMANAKAH
BENTUK HUBUNGAN ANTARA PENELITI DENGAN FENOMENA YANG HENDAK DITELITINYA ?
2.3 SEJAUHMANAKAH
TINGKAT KETERGANTUNGAN KONTEKS
( INSIDER PERSPECTIVE =
PENELITIAN KUALITATIF ? ATAUKAH
OUTSIDER PERSPECTIVE ? = PENELITIAN KUANTITATIF ? )
2.4 APAKAH
ADA ALASAN YANG
CUKUP UNTUK MENJELASKAN HUBUNGAN KAUSALITAS TERHADAP UNSUR-UNSUR FENOMENA YANG
AKAN DIKAJI ?
2.5 SEJAUHMANAKAH
NILAI-NILAI TERTENTU AKAN MEMPENGARUHI HASIL PENELITIANNYA ( BEBAS NILAI
ATAUKAH SARAT NILAI )
3.
MERANCANG DAN MENETAPKAN KECOCOKAN PARADIGMA
PENELITIAN DENGAN TEORI SUBSTANTIF YANG
AKAN DIPILIH UNTUK MENGARAHKAN PENELITIANNYA ( UNTUK MENGHASILKAN TEORI
SUBSTANTIF DARI DATA )
4.
MERANCANG DAN MENETAPKAN ‘ SAMPEL ‘ PENELITIAN DIMANA
DAN DARI SIAPA DATA AKAN DIKUMPULKAN (
SAMPEL BERTUJUAN = PURPOSIVE SAMPLE ) ---- DATA DIPEROLEH DARI ‘ SAMPEL ‘ YANG
BERGULIR TERUS ( SNOWBALL SAMPLING )
---- SEHINGGA DATANYA JENUH ( SATURATED
DATA ) ATAU SESUAI DENGAN INFORMASI YANG DIINGINKANNYA TERCAPAI
5.
MERANCANG TAHAP / LANGKAH PENELITIAN :
5.1.MENETAPKAN PROSES PENELITIAN PADA LATAR YANG
ALAMI ( NATURAL SETTING ). PENELITIAN KUALITATIF
HARUS DILAKUKAN PADA LATAR YANG ALAMI
KARENA FENOMENA FISIK, KIMIAWI, SOSIAL, PSIKOLOGI, BIOLOGI ITU AKAN MEMPUNYAI
MAKNA YANG HAKIKI DALAM KONTEKS YANG ASLI ( IN SITU NOT IN VITRO ENVIRONMENTS ) ;
5.2.MENETAPKAN PENELITI SEBAGAI INSTRUMEN PENELITIAN
YANG UTAMA ( HUMAN AS INSTRUMENT ).
SECARA KONVENSIONAL TELAH LAMA DIAKUI BAHWA MANUSIA DAPAT MEMPEROLEH DATA YANG
SANGAT DAPAT DIPERCAYA DENGAN CARA YANG SANGAT OBYEKTIF;
5.3.MEMUSATKAN DIRI PADA ‘ PENGETAHUAN YANG TAK
TERKA-TAKAN ‘ ( TACIT KNOWLEDGE ).
PENGETAHUAN TAK TERKATAKAN INI BISA SAJA BERASAL DARI OBYEK ATAU PERISTIWA
TERTENTU , TETAPI YANG JELAS ‘ PTT ‘ INI DIPEROLEH DARI PENGALAMAN KITA DENGAN OBYEK DAN
PERISTIWA TSB ;
5.4.MENETAPKAN PENGGUNAAN METODE KUALITATIF KARENA
METODE INI SANGAT PAS / SESUAI DENGAN POSISI PENELITI SEBAGAI INSTRUMEN
PENELITIAN YANG UTAMA YANG MAMPU MELIHAT , MENDENGAR , BERBICARA , MEMBACA DSB
SECARA CERMAT. OLEH KARENA ITU LEWAT UPAYA OBSERVASI DAN WAWANCARA MANUSIA
MAMPU MENGGALI DATA DARI BERBAGAI SUMBER DATA TERMASUK ‘ NONVERBAL CUES ‘ DAN
MENGINTERPRETASIKANNYA DENGAN CARA ‘ INADVERTENT UNOBTRUSIVE MEASURES ‘.
5.5.MENETAPKAN SAMPEL BERTUJUAN ( PURPOSIVE
SAMPLING ). PENELITIAN KUALITATIF YANG SANGAT DEKAT DENGAN KONTEKS MAKA
SAMPEL ‘ PURPOSIF ‘ ADALAH AYNG PALING TEPAT KARENA SAMPEL DIAMBIL UNTUK
MEMPEROLEH DATA YANG KAYA ( TIDAK DITETAPKAN SECARA APRIORI , TETAPI TERUS
BERGULIR SESUAI DENGAN DATA YANG DIBUTUHKAN
= SATURATED DATA / INFORMATION REDUNDANCY )
;
5.6.MENETAPKAN ANALISIS DATA SECARA INDUKTIF , YAKNI
SUATU PROSES MEMBERI MAKNA ATAS DATA LAPANGAN ( A PROCESS FOR ‘ MAKING SENSE ‘ OF FIELD DATA ). INI MIRIP DENGAN
‘CONTENT ANALYSIS’ YAKNI SUATU PROSES YANG DIARAHKAN UNTUK MEMBEDAH INFORMASI
YANG ‘ TERSEMBUNYI ‘ (
EMBEDDED INFORMATION ) DAN MENJADIKANNYA
EKSPLISIT ;
5.7.MENYUSUN TEORI MENDASAR ( GROUNDED THEORY ) YAKNI
TEORI YANG DISUSUN BERDASARKAN DATA YANG DIPEROLEH DI KANCAH UNTUK
MENGGAMBARKAN REALITAS GANDA
( MULTIPLE REALITIES ) , KARENA ‘
KETERALIHAN HASIL PENELITIAN ‘ ( TRANSFERABILITY
) SANGAT TERGANTUNG PADA FAKTOR-FAKTOR YANG ADA DI LOKALNYA ;
5.8.DESAIN PENELITIAN DISUSUN SECARA SEMENTARA ( EMEGENT DESIGN ) KARENA : 1) MAKNA ATAS
FENOMENA YANG DIKAJI ITU LEBIH BANYAK DI TENTUKAN OLEH KONTEKS ; 2) EKSISTENSI
REALITAS YANG BERSIFAT GANDA TIDAK MUNGKIN DITELAAH LEWAT SATU ( YANG PASTI )
DESAIN PENELITIAN SAJA ; 3) APA YANG AKAN DIKAJI PADA SATU SITUS SENANTIASA
TERGANTUNG PADA INTERAKSI ANTARA PENELITI DAN OBYEK YANG DITELITI DAN
KONTEKSNYA DAN INTERAKSI ITU SANGAT SULIT DIRAMAL ; DAN 4) HAKEKAT PEMBERIAN
MAKNA SECARA BERSAMA ( MUTUAL SHAPINGS ) HANYA DAPAT DILAKUKAN
SETELAH FENOMENANYA DISAKSIKAN BERSAMA ( INTERSUBJECTIVE
MEANING ) ;
5.9.HASIL PENELITIAN DINEGOSIASIKAN ( NEGOTIATED OUT COMES ) , ARTINYA BAIK
FAKTA MAUPUN INTERPRESTASI HASIL DALAM BENTUK ‘ LAPORAN KHUSUS ‘ ITU HARUS
DAPAT DITELITI KEBENARANNYA BAIK OLEH INFORMAN SEBAGAI SUMBER INFORMASI MAUPUN
ORANG LAIN YANG MENYUKAINYA. HAL INI DIMAKSUDKAN UNTUK LEBIH MENGEDEPANKAN
SEMANGAT ‘EMIC‘ DARI PADA ‘ETIC’ KARENA PENELITIAN KUALITATIF ITU SARAT DENGAN
NILAI ( VALUE BOUNDED ) MAKA “ THE
VALUES OF THE RESPONDENTS MUST BE CONSIDERED “ DAN INI SANGAT SESUAI DENGAN SEMANGAT UNTUK
MEMPEROLEH ‘TRUSTWORTHINESS’;
5.10.LAPORAN HASIL PENELITIAN DIRUPAKAN DALAM BENTUK KAJIAN KHUSUS ( THE CASE REPORT ) YANG SANGAT SESUAI
DENGAN PARADIGMA NATURALISTIK, YAKNI SUATU PENELAAHAN YANG SANGAT INTENSIF DAN
MENDALAM ATAS SUATU FAKTA, ISU, ATAU MUNGKIN PERISTIWA YANG TERJADI PADA SUATU SETTING
SEPANJANG WAKTU. TUJUAN UTAMANYA ADALAH : 1) MEMBERIKAN GAMBARAN MENDALAM ( THICK
DESCRIPTION ) ATAS SUATU FENOMENA TERTENTU DALAM SITUASI TERTENTU ( A POTRAYAL OF A SITUATION ) ; 2) KAJIAN KASUS MEMENUHI 3 AKSIOMA MENDASAR
DALAM PARADIGMA NATURALISTIK ; 3) SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI YANG IDEAL
DENGAN PENGGUNA HASIL PENELITIAN ;
5.11. SESUAI DENGAN BUTIR
5.9 DI ATAS MAKA HASIL PENELITIAN KUALITATIF AGAK SUKAR DITETAPKAN SECARA
SPESIFIK SEPERTI MISALNYA DENGAN MENARIK GENERALISASI ( SE-PERTI PADA PENELITIAN
KUANTITATIF ) KARENA SELAIN HASILNYA BERSIFAT TENTATIF IA JUGA BERSIFAT SUBSTANTIF & SUBYEKTIF ( IDIOGRAFIS
) --- YAITU MENGGAMBARKAN SECARA MENDALAM ‘TACIT
KNOWLEDGE ‘ DARI SUBYEK PENELITIANNYA SECARA ALAMI. GENERALISASI HASIL PENELITIANNYA HANYA DIMUNGKINKAN BILA HASIL UJI
TERHADAP KEABSAHAN DATANYA YANG MELIPUTI CREDIBILITY,
TRANSFERABILITY, DEPENDABILITY DAN CONFIRMABILITY
MENUNJUKAN TINGKAT KEPERCAYAAN HASIL
YANG SANGAT TINGGI. INILAH YANG KEMUDIAN OLEH LINCOLN DAN GUBA DISEBUT DENGAN ISTILAH TRUSTWORTHINESS.
APLIKASI HASIL
PENELITIAN KUALITATIF BERSIFAT SEMENTARA ATAU TENTATTIF ( TIDAK BERTUJUAN UNTUK
MENCARI GENERALISASI ) . HASIL PENELITIAN KUALITATIF YANG BERSIFAT IDIOGRAFIS ( TIDAK NOMOTETIS ) SANGAT TERIKAT
OLEH NILAI-NILAI KELOKALAN YANG
SUBSTANTIF DAN SUBYEKTIF . PENERAPANNYA
YANG BERSIFAT AGAK‘GENERAL’ HANYA BISA DILAKUKAN PADA RUANG & WAKTU YANG SAMA
ATAU PALING TIDAK ADA KEMIRIPAN
PANDANGAN W.L. NEWMAN DALAM ‘SOCIAL
RESEARCH METHODS’ ,1994 , TENTANG 6 KARAKTERISTIK UTAMA PENELITIAN
KUALITATIF :
1. MENGUTAMAKAN KONTEKS SOSIAL
MAKNA SUATU TINDAKAN SOSIAL SANGAT
TERGANTUNG SE-KALI PADA KONTEKS DI MANA TINDAKAN SOSIAL ITU TERJADI. BILA SUATU
PERISTIWA ATAU TINDAKAN SOSIAL ITU DIPISAH-KAN DARI KONTEKS SOSIALNYA ATAU
DIABAIKANNYA MAKA MAKNA DAN ARTI SOSIALNYA MENJADI RUSAK, HILANG ATAU BERBEDA ;
2. PENDEKATAN STUDI KASUS
PENELITI MENGUMPULKAN SEJUMLAH BESAR INFORMASI HANYA PADA SUATU ATAU
BEBERAPA ( SEJUMLAH KECIL ) KASUS TETAPI IA MASUK KE DALAM DAN MENDETAIL AGAR
DAPAT DIKETEMUKAN DAN DIGAMBARKAN POLA-POLA DALAM KEHIDUPAN, TINDAKAN, SIKAP,
PERASAAN, KATA-KATA, DAN KALIMAT DARI ORANG-ORANG DI DALAM KONTEKS SOSIALNYA
SECARA UTUH DAN MENYELURUH ;
3. MENGUTAMAKAN INTEGRITAS
PENELITI
HUBUNGAN YANG DEKAT ANTARA PENELITI DENGAN
SUBYEK PENELITIANNYA MENGHARUSKAN PENELITI KUALITATIF MEN-JAGA INTEGRITAS
DIRINYA AGAR HASIL PENELITIANNYA TE-TAP OBYEKTIF DAN TIDAK BIAS ;
4. MEMBANGUN TEORI DARI DATA
PENELITIAN KUALITATIF TIDAK BERANGKAT
DARI TEORI ATAU HIPOTESIS, TETAPI DARI MASALAH PENELITIAN ( RE-SEARCH QUESTIONS ) .
KARENA PENELITIAN INI TIDAK BERSIFAT DEDUKTIF MELAINKAN INDUKTIF MAKA TEORI DIBANGUN DARI DATA ATAU MENGGALI
DATA DARI DASARNYA ( GROUNDED RESEARCH );
5. MENCERMATI PROSES DAN SEKUEN
PENELITI
KUALITATIF DENGAN CERMAT SELALU MENGAMATI PROSES DAN URUTAN PERISTIWA DARI
KASUS YANG DIPELAJA-RINYA SETIAP SAAT AGAR DAPAT MELIHAT PERKEMBANGAN YANG
TERJADI PADA KASUS TERSEBUT TERUS-MENERUS. HAL INI MEMBUTUHKAN WAKTU YANG
RELATIF CUKUP LAMA; DAN
6. INTERPRETASI DATANYA KAYA DAN MENDALAM
INTERPRETASI DATA DALAM
PENELITIAN KUALITATIF DILAKUKAN MULAI DARI :
a)
THE FIRST
ORDER INTERPRETATION : YAITU MENGINTERPRETASIKAN DATA DENGAN CARA
MENEMUKAN BAGAIMANAKAH ORANG-ORANG YANG SEDANG DITELITINYA ITU MELIHAT DAN
MEMBERI MAKNA ATAS DUNIA ( WORLD VIEW ) MEREKA SENDIRI ;
b)
THE SECOND ORDER
INTERPRETATION : YAITU PENELITI
KEMUDIAN MEREKONSTRUKSI MAKNA ( MEANING ) TADI DALAM KAITANNYA DENGAN MAKNA-MAKNA YANG
LAIN SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN KONTEKSNYA, JADI IA MENEM-PATKAN TINDAKAN
ORANG-ORANG YANG DITELITINYA KE DALAM STREAM OF BEHAVIOR ;
c)
THE THIRD ORDER
INTERPRETATION : YAITU PENELITI
BERGERAK LEBIH JAUH DENGAN MENGHUBUNGKAN
THE SECOND INTERPRETATION DENGAN TEORI UMUM ( GENERAL THEORY ).
KEENAM
KARAKTERISTIK PENELITIAN KUALITATIF TERSEBUT DI ATAS JELAS SEKALI BERBEDA
DENGAN PENELITIAN KUANTITATIF. PERBEDAAN KARAKTERISTIK KEDUA JENIS PENELITIAN
INI BAIK PADA ASPEK ONTOLOGI,
EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGINYA DAPAT DIKAJI LEWAT PANDANGAN BERBAGAI PAKAR
PENELITIAN UTAMA-NYA SEBAGAIMANA DIGAGAS
OLEH LINCOLN DAN GUBA ( 1985 ) YANG TELAH DIKEMUKAKAN PADA PAPARAN SEBELUMNYA.
# MELAKSANAKAN PENELITIAN KUALITATIF DENGAN
MENGGUNA-KAN PARADIGMA NATURALISTIK SEBAGAIMANA DIGAGAS OLEH LINCOLN DAN GUBA (1985 ) : SEBUAH GARIS BESAR #
LANGKAH I :
TETAPKAN MASALAH PENELITIAN ( PROBLEMA NYATA, EVALUASI
TENTANG SESUATU, ALTERNATIF KEBIJAKAN DST. );
SUSUN TUJUAN
PENELITIAN SESUAI DENGAN MASALAH YANG HENDAK DIANGKAT.
LANGKAH II :
2.1 PILIH
DAN TETAPKAN SETTING PENELITIAN YANG ALAMIAH;
2.2
PERSYARATAN PENETAPAN SETTING YANG ALAMI HARUS BENAR-BENAR MENEKANKAN PADA FENOMENA YANG DIKAJI , APAPUN BENTUKNYA ( APAKAH FISIK / BIOLOGIS, SOSIAL, KEJIWAAN,
SIKAP, PERILAKU, PERSEPSI DST. ) HARUS BERADA DALAM KONTEKSNYA YANG ALAMI ATAU
ASLI;
2.3 KONSTRUKSIKAN
REALITAS YANG HENDAK DIKAJI KETIKA IA BERADA DI SITUSNYA ATAU SEDANG
TERJADI ( DIALAMINYA ) DENGAN MEMPERHATIKAN ASPEK KONTEKS DAN WAKTU;
2.4 LAKSANAKAN
PENELITIAN IN SITU BUKAN IN VITRO !!!
LANGKAH III :
TETAPKAN INSTRUMEN PENELITIANNYA DAN JANGAN LUPA
BAHWA PENELITI ITU SENDIRI ADALAH INSTRUMEN PENELITIAN YANG
PALING PENTING;
KARENA PENELITIAN HARUS DILAKUKAN PADA LATAR YANG ALAMI
, SERINGKALI SEGALA SESUATU TERJADI SECARA TIDAK TERDUGA ATAU TIDAK TERBATAS ( INDETERMINATE ) MAKA YAKINKAN DIRI BAHWA
PENELITI ADALAH INSTRUMEN YANG UTAMA
KARENA IA MAMPU MENGATASI SITUASI YANG TIDAK TERDUGA / TAK TERBATAS TERSEBUT;
SETIAP PENELITI HARUS MEMPERSIAPKAN DIRI AGAR MEMILIKI
KEMAMPUAN UNTUK :
- BERINTERAKSI DENGAN LINGKUNGANNYA;
- BERADAPTASI DENGAN SITUASI DAN KONDISI
LINGKUNGAN PENELITIANNYA;
- MENANGKAP SEGALA SESUATU SECARA UNTUH DAN
MENYELU-RUH;
- MEMPROSES DATA DENGAN CEPAT;
- MERINGKAS DATA , MEMBUAT KLASIFIKASI DAN
KOREKSI DA-TA; DAN
- MENGEKSPLORASI RESPON-RESPON YANG TIDAK LAZIM
( UNIK ) GUNA MEMPEROLEH PEMAHAMAN YANG LEBIH MENDALAM.
LANGKAH IV :
4.1 KUASI PENERAPAN METODE
PENELITIAN KUALITATIF – NATURAL-ISTIK;
4.2
PERGUNAKAN KEMAMPUAN METODE KUALITATIF TERSEBUT UNTUK MENGUNGKAP
PENGETAHUAN YANG TIDAK TERKATAKAN
( TACIT KNOWLEDGE );
4.3 HASIL DARI ‘ TO
EXPLICATE HIDDEN AGENDA ‘ TADI KEMUDIAN
INTERPRETASIKAN, BERI MAKNA, DAN KOMUNIKASIN DENGAN ORANG LAIN SUPAYA
BERUBAH MENJADI ‘ EXPLICIT KNOWLEDGE’.
LANGKAH V :
5.1 TETAPKAN
SAMPEL PENELITIANNYA DENGAN MEMPERGUNAKAN TEKNIK SAMPEL BERTUJUAN ( PURPOSIVE
SAMPLING ) ;
5.2 KUMPULKAN
DATA / INFORMASI SEBANYAK-BANYAKNYA DARI
SUMBERDATA YANG HANDAL ( SNOWBALL SAMPLE ) SESUAI DENGAN
KONTEKSNYA DAN YANG PALING COCOK UNTUK MENYUSUN TEORI;
5.3 TEMUKAN
DATA YANG SARAT DENGAN NILAI TEORI ( THEORY
LADEN DATA ).
LANGKAH VI :
6.1
ANALISIS DATA SECARA INDUKTIF;
6.2
SUSUN HIPOTESA KERJA LOKAL ( LOCAL WORKING HYPOTHESES ) UNTUK DIUJI SIGNIFIKANSINYA;
6.3 KALAU
HIPOTESA KERJA LOKALNYA BELUM TERBUKTI, LANJUT-KAN MENGUMPULKAN DATA SAMPAI
DATANYA TERSATURASI ( CONSTANT COMPARISON );
6.4 LANJUTKAN
PROSES ANALISIS DENGAN MEMBEDAH DAN MENG-UNGKAP DATA / INFORMASI SEHINGGA
MENJADIKANNYA EKSPLI-IT LEWAT KEGIATAN :
- UNITIZING : PROSES MENTRANSFORMASIKAN DAN
MENGAGRE-ASIKAN DATA MENTAH KE DALAM UNIT-UNIT SEHINGGA DA-PAT MEMBERIKAN
DESKRIPSI YANG TEPAT TENTANG KARAKTERISTIK
FENOMENA YANG DIKAJI ;
- CATEGORIZING : PROSES MENGORGANISASIKAN DATA KE
DALAM KATEGORI-KATEGORI YANG MEMBENTUK INFORMASI DESKRIPTIF DAN
INFERENSIAL TENTANG KONTEKS ATAU LATAR DARI MANA DATA TERSEBUT BERASAL.
LANGKAH VII :
7.1 SUSUN
TEORI YANG BERSUMBER DARI DATA;
7.2
TETAPKAN KONSEP “ FIT
“ DAN
“ WORK “ SEBAGAI KRITERIA UNTUK MENILAI APAKAH SUATU TEORI
DAPAT DIKATEGORIKAN KE DALAM TEORI MENDASAR ATAU TIDAK ( GROUNDED THEORY );
7.3
KONSEP “FIT” BERARTI
BAHWA KATEGORI-KATEGORI YANG DIHASILKAN DARI PROSES ANALISIS DATA
INDUKTIF HARUS SELALU SIAP PAKAI DAN BERINDIKASI PADA DATA YANG SEDANG
DIKAJINYA , DAN KONSEP “WORK”
BERARTI BAHWA KATEGORI-KATEGORI ITU HARUS MEMPUNYAI MAKNA RELEVANSI YANG
TINGGI DAN DAPAT MENJELASKAN FENOMENA YANG SEDANG DIKAJI.
LANGKAH IX :
9.1 SUSUN
DESAIN PENELITIAN SESUAI DENGAN KONDISI LAPANGAN ATAU KONTEKS BERDASARKAN HASIL
ANALISIS DATA YANG DI-LAKUKAN SECARA TERUS-MENERUS;
9.2 DESAIN
PENELITIAN BISA MUNCUL TIBA-TIBA ( EMERGENT )
KARENA : a) ‘MAKNA’ DITENTUKAN OLEH KONTEKS ; b). KEBERADAAN REALITAS
YANG BERSIFAT GANDA AKAN MEMBA-TASI PENGEMBANGAN SUATU DESAIN YANG SEMATA-MATA
DIDASARKAN PADA KONSTRUKSI PENELITI; c) APA YANG DIKAJI DI SUATU SITUS
SENANTIASA TERGANTUNG PADA ADANYA INTERAKSI ANTARA PENELITI DAN KONTEKS DAN
INTERAKSI TERSEBUT TIDAK SELALU DAPAT DIRAMAL SECARA PENUH; d) HA-KEKAT PRODUK
DARI INTERAKSI ITU TIDAK DAPAT DIKENALI HINGGA BENAR-BENAR TERWUJUD DAN DAPAT
DISAKSIKAN LANGSUNG;
9.3 JANGAN
BERANGKAT KE LAPANGAN DENGAN SEPENUHNYA TANGAN KOSONG ( EMPTY
HANDED ) DAN TIDAK PULA HAMPA TEORI / KONSEP ( EMPTY HEADED ) , TETAPI PENELITI KUALITATIF HARUS TETAP TERBUKA
MATA-HATINYA ( OPEN HEARTED )
MENCARI, MENEMUKAN DAN MENGEMBANGKAN ‘TACIT
KNOW-LEDGE’ TERUS-MENERUS SEHINGGA
SEMAKIN TERFOKUS, UNSUR-UNSUR PENTING/POKOK MULAI NAMPAK, PERSEPSI TERUS
BERKEMBANG, DAN TEORI MENDASAR DARI DATA BISA DIPE-ROLEH;
9.4 DESAIN
SEMENTARA TERUS DIPUTAR ( ITERATED &
RECURSIVE ) -- TETAPKAN SAMPEL
BERTUJUAN – ANALISIS DATANYA SECARA INDUKTIF
-- KEMBANGKAN TEORI MENDASAR
DARI DATA.
LANGKAH
X :
10.1 PROSES ITERASI TERUS
DILANJUTKAN SAMPAI DATANYA TERSATURASI;
10.2 TEMUKAN FAKTA, MAKNA, DAN INTERPRETASI DARI
FENOMENA ATAU OBYEK YANG DITELITINYA;
10.3 NEGOSIASIKAN FAKTA, MAKNA, DAN INTERPRETASI
DATA TADI DENGAN INFORMAN ( SEBAGAI SUMBER INFORMASI ) UNTUK MENCERMATI APAKAH
FAKTA, MAKNA DAN INTERPRETASI TADI BENAR ATAU BISA DITERIMA OLEH SUBYEK
PENELITIAN;
10.4 SELAIN ITU, ORANG LAIN PUN
BISA MEMBERIKAN MASUKAN TERHADAP FAKTA-FAKTA TADI AGAR REKONSTRUKSI MAKNA YANG TELAH DIBUAT
PENELITI SESUAI DENGAN SEMANGAT ‘
EMIC ‘ SI SUMBER DATA BUKANNYA PADA SEMANGAT ‘ ETIC ‘ –NYA SI PENELITI.
LANGKAH XI :
11.1
MENULIS HASIL PENELITIAN KE DALAM BENTUK LAPORAN KASUS
( CASE REPORT
) YANG BERISI SAJIAN ATAU
DESKRIPSI TEBAL ( THICK DESCRIPTION )
ATAU URAIAN MENDALAM / KENTAL TENTANG
‘REALITAS SIMBOLIK’ DARI FENOMENA
YANG DIKAJINYA YANG MEMPUNYAI MAKNA ATAU
INTERPRETASI IDIOGRAFIS YANG UTUH DAN HOLISTIK;
11.2
SAJIKAN TEMUAN-TEMUAN PENELITIAN YANG BERISI
PERNYA-TAAN-PERNYATAAN IDIOGRAFIS YANG
APLIKASINYA UTAMA-NYA PADA KONTEKS DI MANA PENELITIAN DILAKUKAN;
11.3
ANGKAT TEMUAN-TEMUAN IDIOGRAFIS TERSEBUT KE KONTEKS
YANG LEBIH LUAS ( MEMPUNYAI NILAI GENERALISASI = TRANS-FERABILITAS ) ATAU YANG MEMILIKI TINGKAT KREDIBILITAS YANG
TINGGI ( TRUSTWORTHINESS ) YANG TERUJI LEWAT UJI KEABSAHAN HASIL
PENELITIAN : a). CREDIBILITY ( VALIDITAS INTERNAL ) ; b). TRANSFERABILITY ( VALIDITAS EKSTERNAL );
c) DEPENDABILITY ( RELIABILITAS ); DAN d). CONFIRMABILITY ( OBYEKTIVITAS ).
11.4
CREDIBILITY : BISA
DIPEROLEH LEWAT KETEKUNAN PENGAMA-TAN,
PERPANJANGAN PARTISIPASI, MELAKUKAN TRIANGGULASI, PENGECEKAN DATA PADA ANGGOTA
PENELITI, MEMPERBANYAK REFERENSI, DAN MENGKAJI KASUS NEGATIF;
TRANSFERABILITY :
DIPEROLEH LEWAT URAIAN YANG CERMAT, RINCI, TEBAL ATAU MENDALAM DAN
KESAMAAN ANTARA KONTEKS PENGIRIM DAN PENERIMA;
DEPENDABILITY : DIPEROLEH LEWAT AUDIT ATAU PEMERIKSAAN YANG
CERMAT TERHADAP SELURUH KOMPONEN DAN PROSES PENELITIAN SERTA HASIL
PENELITIANNYA;
CONFIRMABILITY :
DIPEROLEH LEWAT AUDIT ATAU PEMERIKSA-AN YANG CERMAT TERHADAP SELURUH
KOMPONEN DAN PROSES PENELITIAN SERTA HASIL PENELITIANNYA.
GENERALISASI
- Generalisasi Ilmiah ( Scientific Generalization )
-
dibangun berdasarkan
konsep ‘populasi ‘ dan ‘sampel ‘;
-
bersifat nomotetik : berdasarkan hukum , dalil,
aksioma, postulat, prinsip tertentu;
-
bersifat : rasionalistik, logis, proposisional, logis –
mencari kebenaran sensual dan logikal.
- Generalisasi Alamiah ( Naturalistic Generalization )
-
dibangun berdasarkan ‘pengetahuan tak terkatakan’ ( tacit konwledge) yaitu : kognisi,
abstraksi, komprehensi pengalaman manusia dari hasil interaksinya dengan yang
lainnya;
-
bersifat intuitif, empirik;
-
bersifat idiografik : berdasarkan pada kasus khusus (
individual ).
Tacit Knowledge :
pengetahuan tersirat ( tak terkatakan ) yang diperoleh dari pengalaman manusia
berinteraksi dengan obyek dan peristiwa ;
Explicit Knowledge
: pengetahuan obyektif yang diperoleh
lewat penalaran, logika dan uji teori
·
Ilmu-Ilmu Nomotetik :
-
mendasarkan pada metode ilmu alam ( natural sciences )
-
mencari keteraturan, dalil, hukum, prinsip, postulat;
-
interpretasi nomotetik – didasarkan pada hukum, dalil,
aksioma, dan prinsip yang ajeg dan teratur.
·
Ilmu-Ilmu Idiografik :
-
mendasarkan pada ilmu humaniora ( social sciences );
-
mencari spesifikasi suatu fenomena / gejala ;
-
pemberian pemaknaan ( interpretasi ) berdasarkan pada
pengalaman individu tertentu dalam konteks khusus.
KONSEP KEBENARAN ( TRUTH ) MENURUT J.FORD ( 1975 ) :
1.
Empirical Truth :
Kebenaran
yang diperoleh lewat kemampuan inderawi manusia untuk menangkap fenomena
empirik
2. Logical Truth :
Sesuatu
dinilai benar bila memiliki konsistensi logis dan matematis dengan sesuatu yang
telah diketahui kebenarannya
3. Ethical Truth :
Sesuatu
dinilai benar bila bersesuaian atau memiliki konformitas dengan nilai-nilai
moral / etika
4. Metaphysical Truth :
Kebenaran
yang diperoleh lewat keimanan dan keyakinan di luar kemampuan inderawi manusia.
·
Konsep kebenaran no.1 dan 2 identik dengan proses berfikir deduktif ( outsider perspective ) untuk memperoleh explicit
knowledge yang bersifat nomotetik lewat penelitian kuantitatif;
·
Konsep kebenaran no.3 dan 4 identik dengan
proses berfikir induktif ( insider
perspective ) untuk memperoleh tacit
knowledge yang bersifat idiografik
lewat penelitian kualitatif.
NAMA-NAMA LAIN UNTUK MENYEBUT JENIS
PENELITIAN KUALITATIF :
1.
INTERPRETIVE RESEARCH
2.
VERSTEHEN
3.
HERMENEUTICS
4.
ETHNOMETHODOLOGY
5.
ETHNOGRAPHY
6.
COGNITIVE RESEARCH
7.
FIELD RESEARCH
8.
IDEALIST RESEARCH
9.
SUBJECTIVIST
10. PHENOMENOLOGICAL
RESEARCH
11. SYMBOLIC
INTERACTIONISM
12. NATURALISTIC
13. CONSTRUCTIVISM
14. GROUNDED
RESEARCH
·
VERSTEHEN
:
ADALAH PROSES
PENELITIAN YANG MENGGUNAKAN POLA FIKIR DIVERGENSI, KREATIF, INOVATIF UNTUK
MEMPEROLEH PEMAKNAAN ( PEMAHAMAN ) YANG MENDASAR DAN MENDALAM YANG LEBIH JAUH DARI SEKEDAR HASIL UJI
SIGNI-FIKANSI.
·
NATURALISM :
ADALAH
PENELITIAN MENDASAR UNTUK MEMPEROLEH PEMAKNAAN FENOMENA YANG DIKAJI SESUAI
DENGAN SETTINGNYA YANG ALAMI.
‘GOING
NATIVE ‘ :
-
NOT EMPTY HEADED
-
EMPTY HANDED
-
OPEN MINDED
-
OPEN HEARTED
MENURUT BLOOM , ADA TIGA (3) TINGKAT PEMAHAMAN , YAKNI :
1.
PEMAHAMAN
TRANSLASI / TERJEMAHAN
--- YAITU PEMAHAMAN YANG TERBATAS
PADA MENGUBAH SIMBOL DARI PERHI-TUNGAN STATISTIK KE VERBAL , ATAU DARI BAHASA
YANG SATU KE BAHASA YANG LAIN ;
2.
PEMAHAMAN
INTERPRETASI --- YAITU PEMAHAMAN YANG MELIPUTI SESUATU YANG TERSURAT DAN TERSIRAT ;
3.
PEMAHAMAN
EKSTRAPOLASI --- YAITU
PEMAHAMAN YANG MENGHUBUNGKAN ANTARA
SESUATU YANG TERSURAT DAN TERSIRAT DENGAN SESUATU DI LUARNYA.
*
TEORI , KONSEP DAN HIPOTESIS ( SELLTIZ )
THEORY
IS A SET OF CONCEPTS AND THE INTERRELATIONSHIPS THAT ARE ASSUMED TO
EXIST AMONG THOSE CONCEPTS;
CONCEPTS ARE TERMS THAT REFER TO THE CHARACTERISTICS OF EVENTS, SITUATIONS,
GROUPS, AND INDIVIDUALS THAT WE ARE STUDYING IN THE SOCIAL SCIENCES;
HYPOTHESIS ARE THE CONSEQUENCES OF OF OUR THEORETICAL
ASSUMPTIONS ; OR THE STATEMENTS THAT WE USUALLY SUBMIT TO
ACTUAL TESTING.
·
CONCEPTS, PROPOSITIONS, HYPOTHESIS, THEORY ( E.BABBIE )
CONCEPTS :
- THE BASIC BUILDING BLOCKS OF THEORY;
-THEY
ARE ABSTRACT ELEMENTS REPRESENTING CLASSES OF PHENOMENA WITHIN THE FIELD OF
STUDY
PROPOSITIONS : ARE CONCLUSIONS DRAWN ABOUT THE RELATIONSHIPS
AMONG CONCEPTS BASED ON THE LOGICAL INTERRELATIONSHIPS AMONG THE AXIOMS
HYPOTHESIS : -
AN EXPECTATION ABOUT THE WAY THINGS OUGHT TO BE IN THE WORLD IF THE
THEORETICAL EXPECTATION ARE CORRECT;
-
A STATEMENT OF
SOMETHING THAT OUGHT TO BE OBSERVED IN THE REAL WORLD IF THE THEORY IS CORRECT.
THEORY
: A SYSTEMATIC EXPLANATION FOR
THE OBSERVED FACTS AND LAWS THAT RELATE TO A PARTICULAR ASPECT OF LIFE.
* KONSEP, VARIABEL, PROPOSISI, HIPOTESIS, DAN TEORI
KONSEP :
GENERALISASI DARI SEKELOMPOK FENOMENA TERTENTU SEHINGGA DAPAT DIPAKAI UNTUK
MENGGAMBARKAN FENOMENA YANG SAMA .
CONTOH : NEGARA, BISNIS, UNIVERSITAS, KEPEMIMPINAN, KONSUMEN, MAHASISWA
DST.
VARIABEL :
KONSEP YANG MEMPUNYAI VARIASI NILAI.
CONTOH
: KONSEP NEGARA , VARIABELNYA ADALAH
LETAK, LUAS, PENDUDUK, BAHASA, TIPE REJIM DST.
PROPOSISI
: PERNYATAAN TENTANG SIFAT REALITA YANG
DAPAT DIUJI KEBENARANNYA. CONTOHNYA
: KEPEMIMPI-NAN OTOKRATIK ADALAH PROSES
KEPEMIMPINAN YANG BERPUSAT PADA ELIT.
HIPOTESIS
: KESIMPULAN SEMENTARA ATAU PROPOSISI
TENTATIF TENTANG HUBUNGAN ANTARA DUA VARIABEL ATAU LEBIH. CONTOHNYA :
SEMAKIN POSITIF PERSEPSI BAWAHAN TERHADAP PEMIMPINANNYA MAKA SEMAKIN KUAT PENGARUH PEMIMPIN KEPADA
BAWAHANNYA.
TEORI :
RANGKAIAN YANG LOGIS DARI SATU
PROPOSISI ATAU LEBIH . CONTOH : TEORI MOTIVASI ‘LIMA
JENJANG KEBUTUHAN MANUSIA’.
MEMBANGUN TEORI BERDASAR DATA
II.
K O N S E P
Misalnya :
Perilaku Kekuasaan Pemimpin
·
Perilaku Kekuasaan Kontinuum & Resiprokal ,
memperhatikan :
1)
Syntagmatic Dimension -- patterning in time and space
2)
Paradigmatic Dimension --
continuity producing , virtual order of elements
·
PROSEDUR ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF
-
ADALAH BAGIAN YANG PALING SULIT DILAKUKAN;
-
ANALISIS BERSIFAT LENTUR DAN TERBUKA;
-
DATA BANYAK BERUPA KATA-KATA, UNGKAPAN, KALIMAT, GAMBAR
DSB;
-
ANALISIS DILAKUKAN TERUS-MENERUS SEJAK AWAL PENELITIAN
LAPANGAN S/D SELESAI PENELITIAN;
-
PROSES MENGERJAKAN DATA : DIATUR
-- DIKE-LOMPOKKAN KE DALAM UNIT-UNIT
-- DISINTESAKAN – DIKETEMUKAN
POLA -- DAN DISAJIKAN KEPADA ORANG LAIN.
(1)
MODEL
ANALISIS MILES DAN HUBERMAN ,
1992.
1.1 REDUKSI DATA
-
PROSES MEMILIH, MENFOKUSKAN , MENYEDERHANAKAN , DAN
MENGABSTRASIKAN DATA DARI PELBAGAI SUMBER DATA : CATATAN LAPANGAN, DOKUMEN,
ARSIP DST ;
-
PROSES MEMPERTEGAS, MEMPERPENDEK, MEMBUANG YANG TIDAK
PERLU, MENENTUKAN FOKUS DAN MENGATUR DATA SEHINGGA KESIMPULAN BISA DIBUAT.
1.2 PENYAJIAN DATA
-
PROSES MERAKIT DATA DAN MENYAJIKANNYA DENGAN BAIK
SUPAYA LEBIH MUDAH DIFAHAMI;
-
PENYAJIAN BISA BERUPA MATRIKS, GAMBAR/SKEMA,
JARINGAN-KERJA, TABEL DST.
1.3 MENARIK KESIMPULAN / VERIFIKASI
-
PROSES PENARIKAN KESIMPULAN AWAL MASIH BELUM KUAT,
TERBUKA DAN SKEPTIS;
-
KESIMPULAN AKHIR DILAKUKAN SETELAH PENGUM-PULAN DATA
BERAKHIR;
-
VERIFIKASI DIPEROLEH LEWAT PROSES NEGOSIASI / KONSENSUS ANTAR SUBYEK ,
BERDISKUSI DENGAN SEJAWAT, MEMERIKSA DATA ANTAR ANGGOTA DST.
(2)
MODEL
MARSHALL & ROSMAN , 1987
2.1 MENGORGANISASIKAN DATA
-
MEMBACA DATA BERULANG-ULANG SHG. PENELITI INTIM DAN
FAMILIAR DENGAN DATA;
-
MEMPERHATIKAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN TELITI TENTANG
BAGAIMANA DATA AKAN DIREDUKSI;
-
DIPERLUKAN BAGAN DAN SKEMA TETAPI JANGAN TERLAMPAU
MEKANISTIK KARENA AKAN MEHILANGKAN KELUWESAN DESAIN.
2.2 MENYUSUN KATEGORI, TEMA DAN POLA
-
MENCATAT REGULARITAS HAL-HAL YANG TERJADI PADA SETTING
DAN ORANG-ORANG YANG DITELITI;
-
BEGITU MAKNA MUNCUL , PENELITI MENCARI
KATEGORI-KATEGORI YANG SECARA INTERNAL KONSISTEN TETAPI BERBEDA SATU SAMA LAIN.
2.3 MENGUJI HIPOTESIS YANG MUNCUL
-
BEGITU KATEGORI, TEMA DAN POLA NAMPAK DALAM DATA,
PENELITI SEGERA MEMULAI PROSES MENILAI VALIDITAS HIPOTESA YANG BERKEMBANG DAN
MENGUJINYA DENGAN DATA YANG ADA;
-
KEGIATAN TERSEBUT MENCAKUP : MENCERMATI DATA, MENANTANG
HIPOTESIS DAN MENEMUKAN BUKTI NEGATIF ; DAN
-
MENYATU-PADUKANNYA KE DALAM SEBUAH KONSTRUK YANG LEBIH
BESAR.
2.4 MENEMUKAN / MENCARI EKSPLANASI
ALTERNATIF
-
BEGITU KATEGORI, TEMA DAN POLA MUNCUL DI DATA, PENELITI
SELALU DITANTANG UNTUK MENCARI ALTERNATIF PENJELASAN YANG LAIN, SEHINGGA DAPAT
DIPEROLEH PENJELASAN YANG PALING VALID BAGI SEMUA.
2.5 MENULIS LAPORAN
-
DISINI PENELITI TERLIBAT DALAM KEGIATAN MEMBUAT INTERPRETASI YAITU MEMBENTUK DAN MEMBERI MAKNA PADA
SEJUMLAH BESAR DATA SECARA TEPAT DAN CERMAT
·
PEMBERIAN
MAKNA SECARA MENDALAM / DESKRIPSI TEBAL
( THICK DESCRIPTION ) (
C.GEERTZ )
MENULIS LAPORAN HASIL PENELITIAN
( BOGDAN & TAYLOR )
1.
PURELY DESCRIPTIVE LIFE HISTORY
2.
PARTICIPANTS’ PERSPECTIVE OF THEIR WORLDVIEWS
3.
RELATIONSHIPS OF THE REALITY OF SOCIAL PHENOMENA TO
THEORY
4.
FULLY THEORETICAL
5.
TO BUILD THEORY FROM DATA
FILSAFAT
ILMU
Oleh,
Dr. WIDI HARSONO
PROGRAM PASCASARJANA
STIB BANYUWANGI
KONSENTRASI MAGISTER PEND
AGAMA ISLAM
Maret 2013
B I O D A T A
NAMA
|
:
|
Dr. WIDI HARSONO, Drs.,SE.,MSi.
|
TEMPAT/TGL. LAHIR
|
:
|
BANYUWANGI, 18 JULI 1958
|
NIP
|
:
|
19580718 199309 1 001
|
PANGKAT /
GOL.
|
:
|
PEMBINA TINGKAT I ( IV/b
)
|
JABATAN
|
:
|
FUNGSIONAL PERENCANA MADYA
|
INSTANSI
|
:
|
BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN BANYUWANGI
|
ALAMAT KANTOR
|
:
|
JL. A. YANI 100, B.WANGI ( 0333-428992 )
|
STATUS AKADEMIS
|
:
|
DOSEN
TETAP
|
N I D N
|
:
|
07.180758.01
|
JABATAN AKADEMIK
|
:
|
LEKTOR KEPALA ( IV/c )
|
PERGURUAN TINGGI
|
:
|
FISIPOL UMS JEMBER. ( KOPERTIS WILAYAH VII JAWA TIMUR )
|
ALAMAT / NO. TLP.
|
:
|
DSN SUMBERGROTO RT. 04, RW. 02
DESA REJOAGUNG
KEC. SRONO
KAB. BANYUWANGI HP. 081 333 540 145,
Email wied_dhamar@co.id.
|
AGAMA
|
:
|
ISLAM
|
STATUS
ORGANISASI PROFESI
|
:
|
KAWIN
AP2I ( ASOSIASI PERENCANA
PEMERINTAH INDONESIA ) BAPPENAS
|
PENDIDIKAN
|
:
|
S - 1 ( JUR. ADMINISTRASI FISIPOL UNIV. JEMBER )
S - 1
( JUR. MANAJEMEN FE UMS JEMBER )
AKTA
MENGAJAR IV FKIP UMS JEMBER
S - 2
MAGISTER ADM PUBLIK (MAP) UNEJ JEMBER
AKTA MENGAJAR V FIP UNIVERSITAS
JEMBER
AA ( APPLIED APROACH ) KOPERTIS
VII JAWA TIMUR
S - 3 ADMINISTRASI PUBLIK
FIA UNIBRAW MALANG
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar