Share

Halaman

Rabu, 29 Mei 2013

Arti Kata Islam Pengertian Islam al-islām (الإسلام)




Description: gambar kaligrafi IslamKamus Bahasa Spiritual: Memahami Arti Kata Islam
Ketika terdengar kata Islam maka kemungkinan asumsi pertama dalam batin dan pikiran kita adalah tentang sebuah ajaran agama yg dibawa oleh Nabi Muhammad SAW yg terus berkembang di seluruh dunia hingga saat ini. Sebenarya, apa arti kata dari kata Islam itu sendiri?
Islam Menurut Etimologi (Linguistik)

Kata Islam atau al-islām (الإسلام) menurut bahasa Arab adalah bentuk kata benda (masdar) dari perubahan kata kerja (Fi`il): aslama (telah selamat/mendapatkan keselamatan/memberikan keselamatan)-yuslimu (sedang/akan selamat/memberikan keselamatan) menjadi kata Islaman yang berarti keselamatan.
Perubahan lengkapnya (Tashrif): Aslama -Yuslimu-Islaman-wa Muslaman-Fahuwa Muslimun – Wa zaka Muslamun-Aslim-Laa Tuslim-Muslamun.
Laki-laki yg Islam disebut dengan muslim (مسلم artinya: pria yg selamat), dan wanita yg Islam disebut dengan muslimah (مسلمة‎ artinya: perempuan yg selamat).
Secara linguistik Arab, kata dasar al-islām (الإسلام) adalah kata salām yang berarti kedamaian. Dalam contoh kalimat yg kita dengar sering diucapkan di kalangan umat Islam: Assalamu alaikum (السلام عليكم as-salāmu `alaykum) yang artinya: Semoga Keselamatan menyertai kalian semuanya.
Secara harfiah, kata Islam dapat diterjemahkan sebagai bentuk penerimaan dari dan penyerahan diri kepada Tuhan dengan tidak menyekutukan Allah (Politeisme, Syirik)
Terminologi Islam Menurut al-Qur’an
  • Islam adalah satu-satunya agama yg diridoi Allah seperti ditegaskan dalam Q.S. Ali Imran: ayat ke-19: Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.

3 komentar: